Minggu, 08 Mei 2016

Wajik Ketan Hitam

Wajik adalah salah satu ragam kekayaan kuliner di Indonesia. Kue wajik memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap tempat. Nama wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah. Kue wajik di Sumatera disebut pulut manis. Wajik yang berasal dari ketan juga disebut dengan istilah ketan wajik. Selain memiliki sebutan yang berbeda-beda, Indonesia juga memiliki bermaca-macam jenis wajik. Wajik yang paling dikenal adalah wajik ketan yaitu wajik yang berasal dari beras ketan. Meskipun Kue ini dikenal luas di Indonesia, kue ini juga terkenal di negara tetangga, sehingga kue ini kadang juga diakui sebagai kue khas negara tetangga IndonesiaKue wajik memiliki cita rasa manis. Rasa manis tersebut sering pula di tambahkan dengan aroma lain seperti rasa pandan dan panili sedangkan rasa makanan ini ada yang memiliki rasa asli yaitu rasa gula merah dan rasa durian. Kue wajik memiliki tekstur seperti beras yang belum matang tetapi apabila dimakan akan terasa lunak dan mudah digigit. 

Kue wajik banyak digunakan sebagai hidangan untuk tamu. Beberapa daerah juga menggunakan wajik sebagai kue oleh-oleh seperti di daerah Magelang dan Blitar. Daerah Magelang mengenalkan wajik ketan berwarna coklat gula merah sebagai oleh-oleh khas Magelang, sedangkan Blitar mengenalkan wajik kletik sebagai oleh-oleh khas dari Blitar. Kue wajik juga digunakan dalam hajatan. Kue ini harus ada pada suatu hidangan hajatan terutama di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kue wajik ketan juga digunakan sebagai hantaran pada suatu upacara pernikahan. Wajik ketan yang diberikan sebagai hantaran dari mempelai lelaki kepada mempelai perempuan melambangkan dan sebagai harapan hubungan pernikahan keduanya akan terus lengket dan langgeng.


Setelah mengetahui asal usul kue tradisional yang mulai dilupakan ini , dibawah ini saya akan berbagi ilmu bagaimana cara membuat wajik ketan hitam . Mari lestarikan kuliner tradisional Indonesia.

Bahan- Bahan : 

  • 200 gram beras ketan putih, direndam 1 jam
  • 100 gram beras ketan hitam, direndam 2 jam
  • 100 ml air panas
  • 75 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat :

  1. Kukus beras ketan putih dan beras ketan hitam selama 15 menit di atas api sedang
  2. Siram dengan 50 ml dari 100 ml air panas. Aduk rata diatas kukusan
  3. Kukus kembali selama 15 menit. Siramkan sisa air panas. Aduk rata diatas kukusan . Kukus kembali hingga 10 menit
  4. Rebus santan, gula pasir, garam dan daun pandan sampai mendidih. Masukan beras ketan kukus. Aduk hingga matang dan meresap
  5. Tuang di loyang yang dialasi daun pisang, padatkan sambil ditekan-tekan. Biarkan dingin dan setelah itu potong-potong. 
Resep diatas telah menjelaskan secara detail cara membuat kue wajik ketan hitam .Anda bisa membuatnya dirumah untuk mengisi waktu luang anda. Selain itu anda juga ikut melestrikan kuliner tradisional dari tanah air kita ini. Kalau bukan kita siapa lagi ? Selamat mencoba , tetap berkreasi and still mangulek. Salam manis dari si lambuang kajai :)

1 komentar:

  1. How To Make Baccarat Less Spicy Than The Casino
    The 바카라 process of betting on a baccarat hand is simple and straightforward, 메리트카지노 and even though the odds are extremely simple, you can bet that they หาเงินออนไลน์

    BalasHapus