Minggu, 08 Mei 2016

Donat Kentang

Sejarah mencatat bahwa asal usul seputar donat modern yang sekarang sering kita konsumsi berawal dari kreasi masyarakat Belanda yang gemar membuat kue minyak pada pertengahan abad ke-19. Kue minyak khas Belanda tersebut dikenal dengan sebutan “olykoeks”. Kue tersebut berbentuk bulat dan biasanya digoreng dengan lemak binatang hingga berwarna kuning keemasan. Karena bagian tengah kue sulit matang, biasanya ditambahkan bahan isian berupa buah atau kacang yang tak membutuhkan waktu memasak yang lama. Lalu, sebagian imigran Belanda yang tinggal menetap di Amerika Serikat masih terus membuat olykoeks yang kemudian komposisi dan citarasanya dipengaruhi oleh budaya Amerika.
Ada dua cerita populer yang melatarbelakangi sejarah mengapa terdapat lubang pada bagian tengah kue donat. Versi cerita pertama menyatakan bahwa seorang kapten kapal Amerika Serikat bernama Hansen Gregory sengaja mempraktekkan donaengan membuat lubang di bagian tengahnya. Hal ini dimaksudkan agar minyak panas yang digunakan untuk menggoreng dapat mencapai seluruh permukaan donat, hasilnya permukaan kue donat jadi lebih kering dan bagian dalamnya matang sempurna.
Sedangkan cerita kedua, menjelaskan bahwa kala itu Kapten Hansen Gregory merasa kesulitan mengemudikan kapal di tengah badai sambil menyantap roti goreng yang dipegangnya. Dengan alasan kepraktisan, Hansen kemudian menancapkan kue tersebut pada salah satu ujung gagang kemudi kapal agar ia menjadi lebih fokus saat mengemudi. Ide brilian ini kemudian menginspirasi Hansen untuk menyuruh para koki kapal membuat roti goreng dengan lubang di bagian tengahnya.

Setelah mengetahui asal usul dari donat secara umum, kali ini saya akan berbagi resep donat khususnya donat kentang. Kebanyakan orang beranggapan bahwa membuat donat kentang itu susah padahal kenyataanya tidak sesulit yang dipikirkan. Selagi ada kemauan untuk membuatnya maka jadilah donat kentang yang empuk dan enak . Berikut ini adalah langkah-langkah membuat donat kentang.



Bahan -Bahan :
  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 200 gram kentang (dikukus terlebih dahulu, kemudian haluskan dan dinginkan)
  • 75 gram mentega
  • 11 gram ragi instan
  • 50 gram susu bubuk
  • 100 gram gula kastor
  • 1/4 sdt garam
  • 4 kuning telur
  • 100 ml air dingin

Cara Membuat :

  1. Campurkan tepung terigu, gula halus, susu bubuk dan ragi. Aduk adonan hingga rata.
  2. Masukkan kuning telur dan kentang yang sudah dihaluskan. Tuangkan air dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan menjadi kalis
  3. Tambahkan mentega dan garam sambil diuleni hingga adonan menjadi elastis dan kalis. Diamkan adonan donat selama kurang lebih 20-30 menit. Gunakan serbet lembab untuk menutupi adonan donat kentang. Fungsinya adalah agar adonan donat tidak menjadi kering
  4. Setelah itu, kempiskan adonan dan bentuk adonan menjadi bentuk donat. Atau bisa juga dengan menggunakan cetakan donat
  5. Setelah dibentuk, diamkan selama kurang lebih 20-30 menit
  6. Goreng donat kentang dengan menggunakan api kecil hingga berubah warna kecoklatan
  7. Angkat dan dinginkan sejenak. Hiasi donat dengan topping selera

Bahan untuk membuat donat kentang tidaklah jauh berbeda dengan membuat donat pada umumnya, perbedaanya hanya terdapat pada bahan dasarnya yaitu kentang. Bagaimana ? Tidak sulitkan membuat cemilan unyu ini ? Silahkan mencobanya dirumah dan nikmatilah bersama orang- orang tercinta . Selamat mencoba, tetap berkreasi and still mangulek. Salam manis dari si lambuang kajai :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar